Kamis, 04 November 2010

PENINGGALAN CANDI DI INDONESIA

       Hay semuanya kali ini saya akan menerangkan tentang candi yang ada di indonesia .,,.,.,.,.,.,.
tapi kali ini saya hanya akan menjelaskan beberapa saja.,,.,.
kali ini saya akan menjelaskan 3 candi saja,,.,,.
      di mulai dengan kebanggaan indonesia yaitu candi borobudur,candi ini adalah candi keandalan indonesia yang utama,karena candi ini bisa di bilang candi terbesar dan terluas di dunia,candi ini berukuran 14.000m persegi,dan candi ini terletak di magelang,candi ini di bangun oleh raja samaratungga,candi ini dengan alat yang sangat sederhana.
      candi ini di bagi dengan tiga bagian yaitu:
1.kamandhatu (bagian bawah) melambangkan sifat nafsu kebinatangan yang belum terkontrol
2. ruphadatu (bagian tengah) melambangkan kesadaran manusia yang masih terbelenggu oleh nafsu,.
3. aruphadatu (bagian atas) melambangkan tingkatan yang sudah terlepas dari nafsu.

      dan yang kedua adalah candi prambanan,candi perambanan adlah candi yang sangat di banggakan di yogyakarta,karena candi ini adalh candi peninggalan hindu terbesar di yogyakarta,candi ini terletak 17km di sebelah timur kota yogyakarta
       Agama Hindu mengenal Tri-Murti, yang terdiri dari Dewa Brahmana sebagai sang Pencipta, Dewa Wishnu sebagai sang Pemelihara dan Dewa Shiwa sebagai sang Perusak..
       Dihadapan ketiga candi dari Dewa Trimurti itu terdapat tiga buah candi yang berisi wahana (kendaraan) ketiga dewa tersebut. Ketiga candi itu kini sudah dipugar dan hanya candi yang ditengah (di depan candi Shiwa) yang masih berisi patung seekor lembu yang bernama Nandi, kendaraan Dewa Shiwa. Patung angsa senagai kendaraan Brahma dan patung garuda sebagai kendaraan Wishnu yang diperkirakan dahulu mengisi bilik-bilik candi yang terletak di hadapan candi kedua Dewa itu, kini telah dipugar.
       candi prambanan dibagi menjadi enam candi, Keenam candi prambana itu merupakan 2 kelompok yang saling berhadapan, terletak pada sebuah halaman berbentuk bujur sangkar, dengan sisi sepanjang 110 meter.

        Kompleks candi Prambanan dibangun oleh Raja-raja Wamca (Diansty) Sanjaya pada abad ke-9 dan kini merupakan obyek wisata yang dapat dikunjungi setiap hari antara pukul 06.00-18.00 WIB.
Kompleks candi Prambanan terletak hanya beberapa ratus meter dari jalan raya Yogya-Solo yang ramai dilewati kendaraan umum.



      kali ini saya akan menjelaskan candi yang ketiga,candi ini adalah candi yang paling unik dari candi-candi yang lainnya karena candi ini terkubur oleh air di bawah laut lokasi candi ini belum mendapatkan kepastian sampai sekarang tapi menurut informasi yang beredar katanya candi ini terletak di daerah perairan jawa dan bali,
      menurut para ahli,candi ini basa ada di bawah air mungkin di karenakan pernah ada tsunami yang menghantam pulau dmna candi tersebut dibangun sehingga pulau tempat candi di bangun tersebut terkubur  oleh air,atau ada juga yang berpendapat bahwa candi ini di bangun di pulau yang sangat kecil dan pulau tersebut tenggelam di karenakan air naik.
       hanya itu alasan yang saya tau tentang kenapa candi tersebut bisa ada di bawal laut.


inilah informasi terakhir saya mengenai candi yang ada di indonesia
       
       nama candi ini adalah ,Candi Mendut terletak 3 km ke arah timur dari Candi Borobudur,candi ini merupakan  candi Budha yang dibangun tahun 824 Masehi oleh Raja Indera dari wangsa Syailendra. Di dalam Candi Mendut terdapat 3 (tiga) patung besar.
  1. Cakyamuni yang sedang duduk bersila dengan posisi tangan memutar roda dharma.
  2. Awalokiteswara sebagai Bodhi Satwa membantu umat manusia
    Awalokiteswara merupakan patung amitabha yang berada di atas mahkotanya, Vajrapani. Ia sedang memegang bunga teratai merah yang diletakkan di atas telapak tangan.
  3. Maitreya sebagai penyelamat manusia di masa depan
Ada cerita untuk anak-anak pada dinding-dindingnya. Candi ini sering dipergunakan untuk merayakan upacara Waisak setiap Mei pada malam bulan purnama dan dikunjungi para peziarah dari Indonesia maupun manca negara.
Candi ini lebih tua dari Candi Borobudur. Arsitekturnya persegi empat dan mempunyai pintu masuk di atas tangganya. Atapnya juga persegi empat dan bertingkat-tingkat, ada stupa di atasnya.
      
       untuk semuanya sekian informasi dari saya,.,.,,.dan saya ingat kan pada semua teman saya hindari pemborosan dan teruslah hijaukan lingkungan kita dan lindungi hewan-hewan yang ada agar anak dan cucu kita bisa melihatnya di masa mendatang.

3 komentar:

  1. hebat ya kalo orang jaman dulu,.,.,.,.,.,.

    BalasHapus
  2. CANDI DIDASAR LAUT ITU BUKAN PENINGGALAN SEJARAH TETAPI PROYEK PEMBUATAN TERUMBU KARANG ,TAPI YANG DITANAMKAN DILAUT DIBENTUK SEPERTI CANDI.http://sains.kompas.com/read/2010/08/04/19093513/Misteri.Candi.Bawah.Laut.Terpecahkan

    BalasHapus
  3. wahhh... infonya bohong apa sok tau ini???
    candi di bawah laut adalah proyek yang di buat sengaja di bawah laut. dan yang buat itu bukan orang jaman dulu,.. dan gak ada ceritanya ada tsunami di selat itu..

    BalasHapus