Rabu, 03 November 2010

KISAH KERAJAAN SRIWIJAYA

hai semuanya.
        kali ini saya akan menjelaskan tentang kerajaan yang pernah ada di indonesia,tapi kali ini saya hanya akan menjelaskan beberapa saja,kita mulai dengan kerajaan paling di segani pada era nya yaitu adalah
kerajaan SRIWJAYA.
        kerajaan ini sering disebut juga srivijaya,kerajaan ini adalah salah satu dari ratusan kerajaan yang ada di indonesia,tapi dibandingkan dengan kerajaan lain,kerajaan ini adalah kerajaan yang paling manysur dan paling ditakuti se asia tenggara,hal itu terbukti dengan daerah kekuasaan mereka yang membentang luas(kamboja, thailand, semenanjung malaka, sumatra, jawa, kalimantan, dan sulawesi.
        Kerajaan ini adalah kemaharajaan maritim nomor satu di pulau sumatra dan kerajaan ini meberikan banyak pengaruh terhadap nusantara,dalam bahasa sansekerta sri artinya bercahaya dan wijaya artinya kemenangan.
        Pusat kerajaan sriwijaya yang pertama adalah berada di daerah muara takus,kemudian berpindah ke jambi,dan markas tereakhir nya ada di palembang,karena sriwijaya memiliki wilayah yang sangat luas,hampir meliputi daerah indonesia sekarang,maka kerajaan ini di sebut juga sebagai negara naasional indonesia pertama.
        Bukti awal keberadaan kerajaan ini adalah juga abad pada abad ke 7 seorang pendeta cina i-tsing menulis bahwa ia mengunjungi Sriwijaya tahun 671 dan tinggal selama 6 bulan. Selanjutnya prasasti yang paling tua mengenai Sriwijaya juga berada pada abad ke-7, yaitu prasasti kedukan bukit di palembang.
        Kerajaan ini di dirikan oleh keturunan dinasti syailendra,raja-raja yang pernah memerintah di kerajaan sriwijaya antara lain Dapunta hyang srijayanegara,dharmasetu(dharmasetra),balaputradewa,sri udayadityawarman,sri sudamani warmadewa,sri marawijayottunggawarman,dan kerajaan sriwijaya mencapai masa puncak saat di perintah oleh balaputradewa.
        kerajaan sriwijaya yang muncul pada abad ke-7 adalah kerajaan maritim pertama indonesia yang wilayahnya amat luas hingga ke semenanjung malaka dan kerajaan maritim adalah kerajaan,kerajaan yang mengendalikan  perekonomian dari kegiatan berdagang dan hasil-hasil laut,dan kerajaan ini juga terkenal dengan armada lautnya yang terkenal sangat kuat,dengan armada laut yang kuat sriwijaya mampu mengawasi perairan nusantara hal ini sekaligus menjadi jaminan keamanan bagi para pedagang dan berlayar di wilayah perairan sriwijaya.
         tau gak semuanya kenapa kerajaan sriwijaya hauncur,?
saya akan kasih tau sedikit alasan nya antara lain karna pada tahun 990 kerajaan sriwijaya di serang oleh dharmawangsa dari jawa,walaupun serangan nya gagal namun serangan ini sedikit banyak melemahkan kerajaan sriwijaya,kemudian kerajaan sriwijaya juga di serang oleh kerajaan cholamandala dari india,adanya aksi raja kartanegara dari singosari dengan nama ekspedisi pamalayu,kemudian pada akhirnya majapahit menamatkan sriwjaya selama lamanya.
         dan informasi yang terakhir dari saya adalah saya akan memberi tau prasasti apa saja dari prninggalan sriwijaya,yaitu adalh,
         prasasti kedudukan bukit(682 m),prasasti talang tuo(684),prasasti kota kapur(686m),prasati karang (686m),prasasti telaga batu(683m),prasasti ligor(775),prasasti nalanda di india dan yang terakhir adalah prasasti palas pasemah.

1 komentar: